1. SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI
· Sejarah
TI
a. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa pra-sejarah teknologi
informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin
dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian digambarkannya pada
dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Pada masa pra-sejarah
sudah dimiliki kemampuan
mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan dan
mepresentasikannya dalam berbagai bentuk yang kemudian dilukis pada dinding gua
tempat tinggal mereka.
Mengkomunikasikan informasi dengan
gambar/lukisan menjadi pilihan yang baik
karena kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya berkisar pada suara dengusan
dan isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan alat-alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan
terhadap keadaan tertentu seperti
keadaan bahaya.
b.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa sejarah, teknologi
informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas seperti para kepala suku
atau kelompok, digunakan pada kegiatan
tertentu seperti upacara, dan ritual. Teknologi informasi belum
digunakan secara masal seperti yang kita kenal sekarang ini.
1) Masa Tahun 3000SM
Pada masa ini orang mulai mengenal
simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali simbol untuk informasi,
digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu itu berupa
simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam
penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat
dan bahasa.
2) Masa Tahun2900 SM
Pada masa ini ditemukan bahwa
Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph.
Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. Untuk
setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan apabila digabungkan
menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti tersendiri. Bentuk
tulisan dan bahasa hierogliphini lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan
tulisan bangsa Sumeria
3) Masa Tahun 500 SM
Masa ini ditandai dengan pengenalan
pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa
ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik
dengan serat pohon. Serat papyrus yang berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh
disekitar sungai nil ini dijadikan media
menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel
dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya serat
papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu media
kertas.
4) Masa Tahun 1455
Masa ini ditandai dengan upaya
menciptakan mesin cetak. Pasa masa ini manusia sudah menggunakan mesin cetak
yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian plat tersebut diganti
dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan dikembangkan untuk
pertama kali oleh Johann Gutenberg.
5) Masa Tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang sudah
mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis program komputer
yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan mesin analytical.
Mesin analytical dengan programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah
data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya, mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya
lebih bersifat mekanis dari yang bersifat digital. Mesin ini merupakan cikal
bakal komputer digital pertama ENIAC I
pada 94 tahun kemudian.
Pada tahun 1837 ditandai dengan
teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa
kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka mengirim
informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel
yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi
ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang
bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan
secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan
waktu.
Pada tahun 1861 orang sudah
memikirkan bagaimana menampilkan informasi dalam bentuk gambar bergerak dalam
media layar. Masa itu pula gambar bergerak yang peroyeksikan ke dalam sebuah
layar untuk yang pertama kali di gunakan. Penemuan ini merupakan cikal bakal
teknologi film sekarang.
Pada tahun 1876 Melvyl Dewey
mengembangkan sitem penulisan Desimal. Pada tahun 1877 Alexander Graham Bell mengembangkan telepon
yang dipergunakan secara umum. Pada tahun
itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard
Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape
(pita) magnetis untuk yang pertama.
c. Masa Tahun 1900-an
Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan
tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940
dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada
masa perang dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan
penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan
hypertext. Tahun 1946 komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC
I dikembangkan. Tahun 1948 para peneliti
di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini
memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan ke
dalam sebuah keping kecil kristal
silikon.
USSR (Rusia pada saat itu)
meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas
sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk ARPA (Advance Research Projects Agency) di
bawah kewenangan Departemen Pertahanan
Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam
bidang militer. Tahun 1962 Rand Paul
Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem
jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran
peluru kendali dalam perang nuklir.
Tahun 1969 sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan
menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford),
University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan
50Kbps. Tahun 1972 Ray Tomlinson
menciptakan program e-mail yang pertama.
Tahun 1973 – 1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper
mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol) kemudian dilakukan pengembangan
sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan
oleh grup dari DARPA.
Tahun 1981, National Science
Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai
alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Tahun 1991
sistem bisnis dalam bidang IT
pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya dan
memungut bayaran dari para anggotanya.
Tahun 1992 pembentukan komunitas
Internet, dan diperkenalkannya istilah WWW (World Wide Web) oleh CERN. Tahun
1993 NSF membentuk InterNIC untuk
menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data
serta database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc,), dan jasa informasi (General Atomics/CERFnet). Tahun
1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah
ke dalam segala segi kehidupan manusia
dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Tahun 1995, Perusahaan umum mulai
diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone, langkah ini
memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
· Perkembangan
computer
1.Computer generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah
ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot
seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174
kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara
(vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut
masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan
panas.
Sejarah perkembangan konputer
generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.Pada
generai ini komputer masih banyak
mengeluarkan panas.
2. Menggunakan
komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
3. Program
dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam
memori komputer.
4. Utuk
mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5. Kapasitas
yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
6. Programnya
masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan
tertentu.
7. Prosesnya
relatif lambat.
8. Mempunyai
Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang
yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
9. Orientasi
utama pada aplikasi bisnis.
10.Menggunakan sistem
luar magnetic tape dan magnetic disk
2.Computer generasi kedua
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir
pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan
komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan
hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor
mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding dengan komputer generasi pertama. Perkembangan Komputer Generasi
kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
· Program
dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti
FORTRAN, COBOL, ALGOL.
· Kapasitas
memori utama sudah lumayan besar
· Sirkutinya
adalah transistor.
· Ukuran
fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
· Tidak
membutuhkan terlalu banyak listrik
· berorientasi
pada bisnis dan teknik
· Proses
operasi sudah cepat
3.Computer generasi ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah
perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer
generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak
effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di
temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun
1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya
komputer generasi ketiga.
4.Komputer Generasi keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada
tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel
berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat
kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini
mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh
kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut
:
·
Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan
semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
· Pada generasi ini komputer sudah
memaki Large Scale Integration (LSI)
5.Komputer Generasi kelima
Sejarah
perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan
sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large
Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam
sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor
dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di
antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di
pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004,
8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru
dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada
pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki
Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi
lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim
ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
· Perangkat
computer
Pada umumnya komputer tersusun atas dua komponen
utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua
hal inilah yang membuat komputer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi
kepada penggunanya (brainware), karena tanpa kedua komponen ini komputer
bukanlah apa-apa. Berikut penjelasan lebih lengkap dan rinci mengenai definisi
dan contoh dari hardware dan software tersebut.
1.1Perangkat Keras (Hardware)
Secara umum, perangkat keras atau hardware bisa
didefinisikan sebagai sejumlah perangkat komputer yang secara fisik dapat
dilihat dan diraba oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu. Atau dengan kata
lain, hardware memiliki wujud dan bentuk yang nyata dibanding dengan software.
Perangkat keras ini terbagi atas 5 golongan yaitu :
Ø
Perangkat Masukan (Input Device), yaitu perangkat yang berfungsi untuk
memasukkan data, baik berupa teks, gambar dan sebagainya ke dalam komputer.
Yang termasuk perangkat masukan adalah Keyboard, Mouse, Scanner, dan lain-lain.
Ø
Perangkat Keluaran (Output Device), yaitu perangkat yang digunakan untuk
menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan (informasi). Contoh dari
perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer, dan sebagainya.
Ø
Perangkat Pengolah Data (Processor), yaitu perangkat yang dipergunakan
untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang termasuk perangkat
pengolah data ini adalah mikroprosesor.
Ø
Perangkat Penyimpanan Data (Backing Storage), yaitu perangkat yang
digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum
proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu internal dan
eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan bagian
eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan
sebagainya.
Ø
Perangkat Tambahan (Periferal Device), yaitu perangkat tambahan atau
pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya modem dan lain-lain.
1.2 Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau yang sering disebut software
merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat namun tak dapat
diraba secara langsung. Hal ini dikarenakan perangkat ini tersedia dalam bentuk
digital. Adapun definisi lain mengenai software yaitu sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang dapat berupa program
ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
Perangkat
lunak (Software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk
mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang
disusun ini diolah melalui perangkat lunakyang disebut juga dengan program
beserta data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada software ini melibatkan
beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software
ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh
mesin komputer. (Perangkat Lunak) sendiri terbagi atas beberapa macam yaitu :
1.
Perangkat Lunak Aplikasi (Apllication Software), yaitu aplikasi yang
terdapat dalam komputer yang berfungsi sebagai pengolah kata & angka,
pemutar media, dan sebagainya seperti MS Office, Media Player, dan Software
sebagainya.
2. Sistem
Operasi (Operating System), yaitu program utama/induk yang berfungsi sebagai
pusat pengaturan dan pemrosesan data dalam komputer, contohnya Windows, Linux,
dan lain-lain.
3. Perkakas
Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Tools), seperti kompilator
dalam bahasa pemrograman Pascal.
4.
Pengendali Perangkat Keras (Device Driver), yaitu penghubung antara
perangkat keras dengan komputer. Contohnya Barcode Scanner atau yang biasa
disebut pembaca label/kode barang. Alat ini biasanya terdapat di swalayan atau
mall.
· Pemanfaatan
SI/TI
Sistem
informasi dibuat dan dibangun dengan baik agar meningkatkan produktivitas,
menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat, meningkatkan layanan,
mengkoordinasikan setiap bagian dalam perusahaan serta meningkatkan kualitas
kebijakan dalam manajemen.
Sedangkan
secara umum manfaat Sistem Informasi dapat dikategorikan dengan manfaat
berwujud (tangible benefit) dan manfaat tak berwujud (intangible benefit).
Berikut saya membahas sedikit tentang manfaat berwujud (tangible benefit) dan
manfaat tak berwujud (intangible benefit).
A. Manfaat
Berwujud (tangible benefit)
Sebuah
sistem informasi yang dibangun dan dipelihara dengan baik akan memberikan
manfaat berwujud yang secara fakta dapat dilihat pergerakannya melalui
pendapatan yang diraih serta biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maupun
organisasi bisnis. Indikator dari keberhasilan/manfaat yang berdampak pada
peningkatan pendapatan dengan meningkatnya penjualan dalam pasar, serta mengalami
perluasan pasar.
Sistem
informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya untuk penyimpanan data secara
elektronik saja tetapi harus mampu mendukung proses analisis yang diperlukan
oleh manajemen, karena dengan adanya laporan yang tersaji dengan cepat dan
setiap saat dapat diakses tersebut maka keputusan-keputusan yang diambil pun
dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika pasar yang ada.
Sedangkan
dari sisi pengurangan biaya dapat dilakukan analisis faktual atas pengurangan
jumlah sumber daya manusia yang dilibatkan dalam bisnis, pengurangan biaya
operasional seperti pasokan maupun overhead, pengurangan barang/material dalam
stok gudang, pengurangan biaya pemeliharaan dan penyediaan perlengkapan yang
tidak terlalu mahal.
Contoh
dari pengurangan jumlah sumber daya manusia adalah dalam proses pencatatan
transaksi keuangan. Jika sebelumnya proses di akunting harus dikelola
minimalnya oleh lima orang maka dengan implementasi SIA (sistem informasi
akuntansi) yang baik cukup dikerjakan oleh satu orang saja. Hal ini disebabkan
dengan SIA yang terintegrasi maka setiap proses pembukuan dapat diproses
langsung dari masing-masing bagian terkait tanpa harus melalui proses pengisian
ulang data. Selain itu secara otomatis dengan penerapan SIA maka laporan-laporan
keuangan dapat disajikan berdasarkan data-data transaksi tersebut tanpa
re-entry.
B.Manfaat Tak Berwujud
(intangible benefit)
Seringkali
manfaat tak berwujud ini menjadi titik kritis pada jalannya roda bisnis sebuah
perusahaan. Karena bersifat tak berwujud, aspek-aspek ini seringkali diabaikan,
contohnya:
1.Peningkatan
kepuasan konsumen
Misalkan
Anda datang ke sebuah Minimarket. Mana yang kira-kira akan Anda pilih sebagai
tempat berbelanja, minimarket yang waktu antrian di kasirnya lebih singkat atau
sebaliknya? Tentunya Anda akan memilih yang pertama sekalipun mungkin harus
membayar sedikit lebih mahal dibandingkan dengan minimarket kedua. Ternyata
minimarket pertama sudah menerapkan sistem informasi penjualannya yang lebih
cepat dalam pemrosesan dan kemudahan pemasukan datanya.
2.Peningkatan
kepuasan karyawan
Seringkali
muncul dari pihak karyawan yang merasa haknya tidak terpenuhi seperti misalkan
insentif lemburnya. Ternyata hal ini terjadi akibat kesalahan perhitungan pihak
manajemen yang masih melakukannya secara manual atau dengan sistem pemasukan
ulang data. Padahal jika misalkan perusahaan menyediakan sistem absensi yang
terintegrasi dalam sistem informasi kepegawaian dan SIA maka secara otomatis
dapat dibuat laporan insenstif yang lebih akurat dan benar. Hal tersebut baru
salah satu contoh di luar misalkan perhitungan angka kredit, hak cuti, jenjang
karier, pendidikan dan latihan, dsb.
3.Peningkatan
mutu dan jumlah informasi
Informasi
adalah komponen penting di saat ini. Anda yang kuasai informasi akan bertindak
lebih responsif terhadap perubahan yang ada dan tren yang akan datang.
Penerapan sistem informasi yang baik tentunya akan menghasilkan data yang telah
dikelola sehingga berkualitas. Hal tersebut dapat diwujudkan karena setiap
proses pembuatan laporan tersebut dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer.
4.Peningkatan
mutu dan jumlah keputusan manajemen
Setiap
pengambilan keputusan, bergantung kepada informasi yang mendukung kebijakan
yang akan diambil. Hal tersebut hanya dapat terwujud jika sistem informasi
dapat menyajikan informasi yang relevan, akurat, terkini dan dapat diambil
setiap saat dan kapanpun.
2.
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
· Pemahaman
konsep perangkat keras
1.INPUT
DEVICE
Input
device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau
masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa
perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
· Keyboard
: berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
· Mouse
: berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan
pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
· Touchpad
: Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti
mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
Masih banyak lagi
perangkat lainya seperti joystik, scanner, voice recognizer, dan lain-lain.
2. Process device
Perangkat ini merupakan
perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri
· CPU
/ Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga
dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan
sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
· Memori
/ RAM (random access Memory) : Memori
merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara.
Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM
besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
· Motherboard
: Merupakan perangkat yang menghubungkan
perangkat keras komputer antara satu dan yang lain.
· VGA
Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi
untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap
mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang
jernih VGA Card sangat diperlukan.
· Power
Supply: berfungsi untuk menghantarkan
aruslistrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer.
· Casing
Unit: Merupakan tempat dimana semua perangkat disatukan.
3.
Control device
Perangkat
ini Digunakan untuk mengendalikan peralatan tambahan di suatu sistem computer.
· PLC
: PLC adalah peralatan elektronika yang beroperasi secara digital, yang
menggunakan programable memori untuk menyimpan internal bagi intruksi –
intruksi fungsi spesifik seperti logika, sekuensial, timing,counting dan
aritmatika untuk mengendalikan secara digital atau analog input atau output
sebagai tipe mesin. PLC adalah kependekan dari Programable Logic Controller
yang merupakan hasil dari tuntutan kebutuhan akan kontroller yang murah, yang
dapat digunakan untuk segala kondisi dan mudah dalam pengoperasiannya. PLC ini
merupakan sistem kontrol yan berdasarkan CPU yang menggunakan perangkat keras
dan memori untuk mengendalikan proses. Kontrol jenis ini didesain untuk
menggantika hardware relay dan timer logic. PLC menyediakan kemudahan
pengendalian berdasarkan pemrograman dan pelaksanaan instruksi logic yang
sederhana. PLC mempunyai fungsi intenal seperti timer, counter dan shift
register sehingga kontrol yang rumit dapat diwujudkan dengan sesederhana
mungkin.
4. Strorage Device
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media
penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
· Hardisk
: Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan
sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
· Floppy
Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama,
sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang
sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
· CD/DVD
: Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
· Flashdisk
: Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena
bisa menyimpan dan menghapus data.
5.
Output Device
Output
device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik
berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya.
Adapun yang termasuk output device adalah :
· Monitor/
Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/
gambar
· Speaker
: befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
· Printer
: untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya
· Pemahaman
konsep perangkat lunak
1. Evolusi
perangkat lunak
· Tahap
Pertama (1950 – 1960)
Evolusi
perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960.
Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri
berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu
sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus
memesan terlebih dahulu.
· Tahap
Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi
Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak
mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna
dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru
yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction). Selain itu,
ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu
kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan
data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang
diinginkan. Dalam tahap ini, sudah
banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah
database dalam perangkat lunak.
· Tahap
Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi
Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber
ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras
dari suatu komputer harganya sangat murah.
Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari
penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah
sedemikian jauh.
· Tahap
Keempat (1990 – 2000)
Evolusi
Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap
ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras,
sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu
sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari
perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software
dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan
buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan
komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah
berorientasi obyek (OOP)
· Klasifikasi
perangkat lunak
-
Perangkat lunak system
· Operating
System (Sistem Operasi)
Operating
system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh
komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software yang akan
dilakukannya.
Contoh
:
– PC-DOS atau MS-DOS untuk Personal
Computer (PC)
– Novell Netware dan UNIX untuk jaringan
komputer
– Windows dan berbagai variannya untuk PC
atau jaringan
– Linux dengan berbagai distronya untuk PC
atau jaringan
· Bahasa
pemrograman
Bahasa
program dapat diartikan sebagai suatu bahasa seperti yang digunakan oleh
manusia untuk berkomunikasi. Pada bahasa program berisi serangkaian kode baik
perintah maupun fungsi tertentu yang bertujuan untuk melakukan suatu algoritma.
Algoritma sangat berperan penting, terutama untuk mempermudah pemahaman dari
serangkaian kode dari bahasa pemrograman tertentu. Algoritma bisa juga
diartikan sebagai diagram alir (atau biasa disebut dengan flow chart). Tujuan
dan fungsi bahasa program. Tujuan bahasa program adalah untuk mempermudah dalam
menjalankan perintah serangkaian kode program tertentu sesuai dengan keinginan
pemrogram atau programer. Manfaat bahasa program adalah untuk membantu
mempermudah pekerjaan tertentu yang memerlukan otomatisasi. Otomatisasi berarti
sistem yang bekerja secara otomatis.
Bahasa
program ada banyak sekali. Bahasa program diklasifikasikan menjadi 3 jenis atau
3 macam. Ada bahasa program tingkat tinggi, bahasa program menengah, dan bahasa
program tingkat rendah. Contoh bahasa program tingkat tinggi, pascal. Contoh
bahasa program menengah, C++, C. Contoh bahasa program tingkat rendah,
assembly.
Ada
juga bahasa pemrograman untuk aplikasi pembuatan website atau blog, seperti
HTML, xHTML, PHP, XML, WML dan SQL. Untuk program yang digunakan untuk membuat
website biasanya HTML, xHTML, dan PHP. Untuk membuat blog biasanya menggunakan
bahasa program XML. Bahasa program WML digunakan untuk membuat aplikasi website
berbasis handphone atau ponsel. Untuk pemrograman SQL digunakan untuk membuat
aplikasi database.
· Utility
Software ini merupakan software jadi yang digunakan
untuk membantu mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian
komputer beserta perangkatnya. Misalnya untuk :
–
memeriksa (scanning),
– menganalisa (analyzing),
– memperbaiki (repairing),
– mencari (searching),
– menggandakan (copying) file
– dan sebagainya.
Contoh
:
– Norton Utility (NU)
– PC Tools
– Xtree
– QuickDos
- Perangkat lunak aplikasi
· Aplikasi
office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket
aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam
Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi
terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang
diluncurkan 29 Januari 2013.
Selain Word, Excel dan PowerPoint, Microsoft juga
mempunyai program-program lainnya. Berikut adalah macam-macam program Microsoft
Office beserta fungsinya:
§ Microsoft
word
Microsoft Word atau
Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft
Office 2013, namanya cukup dinamakan Word.
§ Microsoft
excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan
program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform
PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi
5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft
Office System, dan versi terakhir adalah versi Excel 2013 yang diintegrasikan
di dalam paket Microsoft Office 2013.
§ Microsoft
PowerPoint
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah
program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam
paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel,
Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC
berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang
menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini
berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan,
apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan
trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti
nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office
PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi
terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013) yang
tergabung ke dalam paket Microsoft Ofice 2013.
§ Microsoft
access
Microsoft
Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data
komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil
hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi
Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan
Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet
Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga
memudahkan pengguna.
§ Microsoft
OneNote
Microsoft
OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana
kamu bisa menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan
screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja. Berbeda
dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di
tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencorat-coret di
kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan
· Aplikasi
multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan
dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga
diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
· Aplikasi
multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang
serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara,
gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa
company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based
Training.[[4]]
Banyak sekali
jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view)
saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
1. Media
Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang
digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya
aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio
maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o
Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft
Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
o
Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o
WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o
PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o
Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch
Inc.
o DivX
Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o Real
Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
o XMMS,
audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public
License.
o Xine,
DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public
License.
2.
Audio/Video Edtor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang
digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan
audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah
proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi
kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o Adobe
Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Adobe
Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o
Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o
Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle
Systems.
o
TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
3.
Graphis/Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang
digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah
direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh
aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi),
gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll.
Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image
dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer
adalah:
o ACDSee,
bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o
XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o Irfan
View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o
Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh
Microsoft Corp.
o
Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam
paket Microsoft Windows
· Aplikasi
internal
Adalah aplikasi yg Menyimpan daya hasil pemrosesan
ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung program/instruksi yang
berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder
Daftar pustaka :
- http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html
- https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/
- http://desipencintailmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-perangkat-komputer.html
- https://pandusamamaya.wordpress.com/2011/12/09/apa-sih-manfaat-dari-sistem-informasi-itu/
- https://novel73.wordpress.com/2008/09/10/klasifikasi-perangkat-lunak-software/
- https://trisnowlaharwetan.wordpress.com/2010/03/11/evolusi-perangkat-lunak/
- https://bangeky.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html
- https://fahmizaleeits.wordpress.com/tag/input-output-plc/
- http://www.widtama.com/bahasa_pemrograman.html
- https://bagusleopart07.wordpress.com/2015/08/05/macam-macam-microsoft-office-beserta-fungsinya/
- http://ryzchacha.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-multimedia-dan-aplikasi.html
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus